Senin, 24 Maret 2014

PENGERTIAN BASIS DATA DAN DEFINISI ERD

Definisi
Basis Data Terdiri atas 2 (dua) kata yaitu Basis dan Data. Basis d apat diartikan sbagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpulan. Sedangkan Data adalah repersentasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek. Basis Data sendiri dapat didefinisikan dalam sejumlah sudut pandang tertentu :
·         Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedmikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
·         Kumpulan file-file yang saling berelasi dan relasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada, yang disimpan dlam media penyimpanan elektronis. Satu basis data menunjukkan satu kumpulan data yang di pakai dalam lingkup perusahaan, instansi.
Basis data hanyalah sebuah objek yang pasif. Ia tidak akan pernah berguna jika tidak ada pengelola atau penggeraknya, yang menjadi pengelola atau penggerak secara langsung adalah program atau aplikasi (software).
Entity Relationship Diagram (ER-D)
Model Entity Relationship berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing di lengkapi dengan atribut-atribut yang mempresentasikan seluruh fakta  dari “dunia nyata” dapat di gambarkan dengan lebih sistematis dengan menggunakan Entity Relationship Diagram (ER-D).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar